Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Blogger

Image Dari www.blogeza.xyz

Kegiatan ngeblog bukanlah suatu hal yang asing lagi di dengar,  bahkan ada sebagian orang yang menjadikan kegiatan blog sebagai profesi utama.

Kita ketahui bersama bahwa peminatnya pun makin marak bermunculan dari hari kehari. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya keuntungan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ngeblog tersebut dan bahkan ada sebagian orang bisa populer dari ngeblog jika hal tersebut di lakukan dengan serius dan konsisten. 

Kepopuleran para blogger juga di dukung dengan semakin canggihnya alat teknologi dan kecepatan jaringan internet sehingga momen bisa digunakan untuk sharing hasil ngeblog lewat via sosmed (social media) dan aplikasi lainnya.

Dengan demikian kegiatan sebagai seorang blogger banyak di gandrungi. Namun ingin menjadi seorang blogger terkenal dan mendapatkan banyak keuntungan bukanlah hal yang di peroleh secara instan lho, anda perlu memahami beberapa hal dasar jika sobat adalah blogger pemula seperti saya, sobat akan dituntut untuk menguasai kemampuan dasar.tentu saja, kemampuan dasar itulah yang akan menuntun anda menjadi blogger terkenal nantinya….

Penasaran dengan kemampuan dasar apa yang harus anda miliki sebagai blogger pemula???? Bacalah ulasan demi ulasan dari artikel ini hingga selesai!!!

1. Kemampuan menulis

Kemampuan dasar yang paling utama yang harus di miliki sebagia seorang blogger adalah kemampuan menulis, tentu saja, mustahil anda membuat sebuah blog tanpa di isi dengan artikel yang berkualitas. Memang seorang blogger di tuntut untuk terus mengisi blognya dengan artikel dan memperbaharui artikel tersebut, dengan kata lain supaya blog yang anda bangun tidak dikatakan mati suri. 

Kemampuan menulis juga menuntut kita untuk menggali ide-ide baru yang berkualitas untuk menghasilkan topik dan isi artikel yang berkualitas, setelah ide tersebut di dapat anda juga harus pandai  merangkainya menjadi sebuah artikel supaya anda bisa terus memperbaharui blog anda tiap hari.

Perlu di ketahui juga, bahwa ide atau topik dalam sebuah artikel juga tidak dapat di tulis sesuka hati anda, sebab ada hal-hal yang dilarang dan  tidak patut di publikasikan ke media massa karna anda akan dituntut ke meja hijau jika hal tersebut terjadi. Berita yang tidak perlu di buat diantaranya berita HOAX. Jadi sebelum anda menulis artikel pahami juga kode etik penulisan dan ilmu jurnalistik. 

2. Kemampuan  pemprograman ( coding )

Kemampuan berikutnya yang harus dimiliki seorang blogger adalah kemampuan pemprograman ( ilmu coding). Pasti anda bertanya kenapa menjadi seorang blogger harus menguasai ilmu coding??? Karena pada saat anda membuat blog atau ingin membangun blog baru anda harus mengatur template serta mengaturnya supaya kelihatan bagus dan anda juga bakalan berurusan dengan code-code yang ada di template itu, dengan keahlian coding yang anda miliki juga anda dapat menyesuaikan template tersebut sesuai keinginan anda.

Nah ilmu coding juga memberikan nuansa baru bagi tampilan template anda bahkan keuntungan lainnya adalah pembaca akan betah untuk lama-lama di blog anda tersebut.

3. Kemampuan mendesain

Selanjutnya setelah anda menguasai dua keahlian di atas anda juga akan dituntut untuk memiliki kemampuan mendesain. Kenapa harus menguasai ilmu design????? Tidak mungkin juga tulisan berkualitas baru tanpa adanya gambar bagaikan sayur tanpa garam lho,,,tulisan yang berkualitas dengan gambar yang menarik akan membuat blog tersebut lebih cepat berkembang, selain template gambar dalam blog juga akan membuat orang betah di blog anda.

Gambar biasanya di tempatkan di awal (header) sebuah blog. Keuntungan lain dari ilmu desain adalah anda akan terbebas dari gugatan pemilik foto asli.

4. Kemampuan berkomunikasi dan bersosial

Dalam kegiatan ngeblog, seorang blogger harus pandai berkomunikasi dan bersosial antar sesama blogger. Karna dunia blogger kaya dunia nyata dimana anda harus pintar menjalin hubungan yang baik, baik sesama blogger ataupun pembaca lainnya. Tapi bedanya komunikasi di dunia nyata anda harus bertatap muka dengan lawan bicara, tapi kalau di dunia blogger anda akan dapat berkomunikasi lewat online baik komunikasi lewat via komentar blog dan via komentar group yang anda ikuti jika ada yang bertanya kepada anda. Jadi anda disini juga bisa berbagi ilmu yang anda miliki kepada orang lain hitung-hitung amal lho.

Jadi itulah kenapa anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan kemampuan bersosial antar sesama banyak teman dan cepat berkembangnya blog anda kedepanya.

5. kemampuan manajemen (waktu dan uang/ bisnis)

Yang terakhir adalah kemampuan manajemen dimana anda wajib miliki tersebut untuk kelangsungan blog anda, emangnya kenapa???karna disini anda akan bisa mempergunakan waktu, dan biaya-biaya lain.

Pertama waktu jangan terlalu memaksa diri anda dengan semua ini perhatikan juga kesehatan anda jadi pintarlah membagi waktu untuk menulis serta waktu untuk mengolah blog anda

Kedua adalah kemampuan anda untuk meminimalisir pengeluaran, dimana anda harus mengeluarkan untuk membangun sebuah blog yang bagus baik dari template serta domain dari hosting yang berbayar.

Nah itulah kemampuan dasar versi saya yang harus anda miliki jika ingin  jika ingin menjadi blogger .



Artikel Terkait

Kemampuan Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Blogger
4/ 5
Oleh
Dapatkan Update Artikel via Email!
emoticon
Dapatkan update setiap artikel terbaru otomatis dikirim ke email dengan memasukan email Anda disini!!
Delivered by Feedburner

No Comment