Apa Itu Jantung???Dan Fungsinya Bagi Manusia


 jantung
Dalam tubuh setiap individu terdapat banyak organ yang menjalankan fungsinya untuk kelangsungan hidup individu tersebut.

Bukan hanya manusia saja yang disusun dengan organ,hewan,tumbuhan dan bahkan bakteri sekecil apapun memiliki organ dan memiliki peranannya masing-masing bagi setiap individu tersebut.

Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan ilmu yang saya ketahui, dan dengan adanya artikel ini juga memberikan wawasan kepada teman-teman mengenai organ tersebut.organ yang akan saya bahas kali ini adalah jantung.

“ Pokok Pembahasan ”
1.        Apa Defenisi Dari Jantung

2.        Fungsi jantung

3.        Bentuk,Letak,Ukuran Serta Lapisan Dari Organ Jantung

4.        Serta Istilah-Istilah Yang Terdapat Dalam Organ Jantung


1.            Apa Defenisi Dari Jantung
Jantung dalam bahasa latin(cor) merupakan sebuah organ yang bisa dibilang sangat
vital dalam tubuh manusia. 

Yang memompa darah keseluruh tubuh dan akan kembali lagi ke jantung untuk di
proses kembali begitulah siklus singkat dari cara kerja jantung. 

Dan memiliki peran penting dalam sistem peredaran darah.Terdiri dari otot jantung, bentuk dan
susunannya sama dengan otot serat lintang tetapi cara kerjanya menyerupai otot polos yaitu
diluar.

kesadaran.jadi kerjanya jantung tanpa kita kontrol, semua dilakukan dibawah atas perintah
otak yang mengirimkan sinyal yang di respon sendiri oleh jantung.

2.            Fungsi jantung.

Sudah saya singgungkan diatas bahwa Kerja jantung melalui mekanisme berulang dan
terus menerus yang juga dikenal sebagai siklus jantung sehingga secara visual melihat
atau dikenal sebagai denyut jantung. Melalui mekanisme berselang, jantung berkonstraksi
untuk mengosongkan isi jantung, dan bersantai(relaksasi) untuk mengisi dengan darah.

3.           Bagian, Bentuk, Letak, Ukuran Serta Lapisan Dari Organ Jantung.
·                Bagian-bagian dari jantung
Jantung memiliki bagian –bagian yang harus kita pahami dengan baik saya akan
membahasnya dalam uraian singkat.

Jantung memiliki 4 petak,2 petak yang disebut atrium dan 2 petak lagi yang di sebut serahmu
1.         Atrium Kanan(Serambi Kanan)
2.         Atrium Kiri(Serambi Kiri)
3.         Ventrikel Kanan(Bilik Kanan)
4.         Ventrikel Kiri(Bilik Kiri)
antara bagian-bagian yang sudah di uraikan di atas antara atrium kanan dan kiri ,ventrikel kanan dan kiri dipisahkan atau dihalangi oleh sebuah sekat yang disebut septum.septum merupakan otot yang berbentuk padat tidak atas celah antara bagian tersebut.

Antara atrium dan ventrikel juga memiliki katup yang dirancang khusus untuk memasok darah dari atrium.katup pemisah antara antrium kanan dan ventrikel kanan disebut katub trikuspid (katup berdaun tiga). Katup ini mencegah darah dalam ventrikel kanan yang tidak mengalir kembali ke atrium saat jantung berkontraksi.

Sedangkan pemisah antara antrium kiri dan ventrikel kiri disebut dengan katub  bikuspid (katup berdaun dua). Katup ini mencegah darah di ventrikel kiri yang tidak mengalir kembali ke atrium kiri saat jantung berkontraksi.sebelum darah di pompa keseluruh tubuh(sistem peredaran darah besar atau sistem peredaran darah kecil(jantung-paru-paru- kembali ke jantung).semua itu di proses di jantung dengan dengan mekanisme yang teratur dan continue(berlanjut).

Dan memiliki 2 katup yaitu

  1. Katub Aorta
  2. Katub Pulmoner

Katub Aorta
Katup aorta terletak antara aorta dan ventrikel kiri jantung. Vena Pulmonal mengalirkan darah beroksigen ke atrium kiri jantung.Kemudian melewati katup mitral dan masuk ke ventrikel kiri. Pada setiap tindakan kontraksi jantung, darah beroksigen keluar dari ventrikel kiri melalui katup aorta.
Sebagai bagian dari sistem jantung, katup rentan terhadap dua kondisi utama: Jika katup gagal untuk membuka semua jalan, hasilnya adalah stenosis aorta.Penyakit ini mempengaruhi kemampuan darah untuk pindah ke aorta secara efektif, dan dapat terjadi penyumbatan.
Jika darah yang mengandung oksigen mengalir ke arah yang salah, fenomena yang disebut regurgitasi aorta akan terjadi. Hal ini disebabkan oleh katup aorta tidak berfungsi dengan benar. Pada dasarnya, darah dipompa ke aorta, tapi katup tidak menjaga dari memasuki kembali ventrikel kiri.
Katub Pulmoner
Katup pulmonal adalah salah satu dari dua katup yang memungkinkan darah untuk meninggalkan jantung melalui arteri. Ini adalah katup satu arah. Darah tidak bisa mengalir kembali ke jantung melalui katup terebut. Katup dibuka oleh tekanan darah yang meningkat dari sistol ventrikel, mendorong darah keluar dari jantung dan masuk ke dalam arteri.

Katup ini menutup bila tekanan dalam jantung menurun. Katup pulmonal terletak di ventrikel kanan jantung. Katup pulmonal terbuka ke arteri pulmonalis. Frekuensi siklus ini tergantung pada denyut jantung. Stenosis katup pulmonal adalah suatu kondisi di mana aliran darah keluar dari jantung terhambat pada katup pulmonal.

Penyebab paling umum biasanya adalah penyakit jantung bawaan, meskipun penyakit rematik jantung dan tumor karsinoid ganas juga dapat menimbulkan masalah.

·               Bentuk jantung

Menyerupai jantung pisang,dan, bagian atasnya tumpul dan disebut juga basis cordis.  Disebelah bawah agak runang disebut apex cordis. 

·              Letak jantung

Di dalam rongga dada sebelah depan (cavum mediastinum arteriol), sebelah kiri bawah dari pertengahan rongga dada, di atas diafragma dan pangkalnya dibelakang kiri ICS 5 dan ICS 6 dua jari dibawah papilla mamae.  Pada tempat itu teraba adanya pukulan jantung yang disebut Ictus Cordis.

·               Ukuran 
Sebegia orang atau bahkan dokter specialis jantung juga berasumsi bahwa jantung manusia sebesar kepalan tangan orang dewasa orang dewasa dengan berat kira-kira 250-300 gram. Mungkin anggapan tersebut di tinjau dari pertumbuhan mentok jantung manusia selama hidupnya
·               Lapisan
Endokardium   :  Lapisan jantung sebelah dalam, yang menutupi katup   jantung.
Miokardium   :  Lapisan inti dari jantung yang berisi otot untuk berkontraksi.
Perikardium    : Lapisan bagian luar yang berdekatan dengan pericardium  viseralis.

Jantung sebagai pompa dalam hal ini jantung adalah untuk memompa darah sehingga dibagi jadi dua bagian besar, yaitu pompa kiri(peredaran darah besar)dan pompa kanan(peredaran darah besar).

Pompa jantung kiri (peredaran darah besar) : peredaran darah yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh dimulai dari ventrikel kiri-aorta-arteri-arteriola-kapiler-venula-vena cava superior dan inferior-atrium kanan.

Pompa jantung kanan (peredaran darah besar)  :  peredaran darah kecil yang mengalirkan darah ke pulmonal, dimulai dari ventrikel kanan  -arteri pulmonalis-atrium kiri.

Gerakan jantung terhadap dua jenis, yaitu konstriksi (sistol) dan relaksasi (diastole) dari kedua atrium, terjadi serentak yang disebut sistol atrial dan diastole atrial.  Konstriksi ventrikel kira-kira 0,3 detik dan tahap dilatasi selama 0,5 detik.  Konstriksi kedua atrium pendek, sedang konstriksi ventrikel lebih lama dan lebih kuat.  Daya dorong dari vantrikel kiri harus lebih kuat karena harus mendorong darah ke seluruh tubuh untuk mempertahankan tekanan darah sistemik.

Meskipun ventrikel kanan juga memompakan darah yang sama, tapi tugasny hanya mengalirkan darah ke sekitar paru-paru dimana tekanannya lebih rendah.

·               Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pompa Jantung

Mekanisme yang mendasari gagal jantung meliputi gangguan kemampuan kontraktilitas jantung, yang menyebabkan aliran jantung normal.  Konsep curah jantung paling baik dijelaskan dengan persamaan CO=HR X SV dimana curah jantung (CO/Cardiac Output) adalah fungsi frekuansi jantung (HR) dan volume sekuncup (SV/Stroke Volume).

Frekuensi janung adalah fungsi system saraf otonom.  Bila curah jantung berkurang, system saraf akan mempercepat frekuensi jantung untuk mempertahankan.  Bila mekanisme kompensasi ini gagal untuk mempertahankan perfusi jaringan yang memadai maka volume sekuncup jantunglah yang harus menyesuaikan diri untuk mempertahankan curah jantung.

Tetapi pada gagal jantung dengan maslah utama kerusakan dan kekakuan serabut otot jantung, volume sekuncup berkurang dan curah jantung normal masih dapat dipertahankan
Volume sekuncup.
jumlah darah yang ompa pada setiap kontraksi jantung tergantung pada 3 faktor yaitu:
Preload                 :adalah sinonim dengan hokum starling pada jantung yang menyatakan jumlah darah yang mengisi jantung berbanding langsung dengan tekanan yang ditimbulkan oleh regangan otot jantung.
Kontraktilitas            :mengacu pada perubahan kekuatan kontraksi yang terjadi pada tingkat sel yang berhubungan dengan perubahan panjang serabut jantung dan kadar kalsium.
Afterload                   :mengacu pada besarnya tekanan ventrikel yang harus dihasilkan untuk memompakan darah melawan perbedaan tekanan yang ditimbulkan oleh tekanan arteriol.



Semoga bermanfaaat dengan penyampaian singkatku



simak video anatomi dan fisiologi jantung






Artikel Terkait

Apa Itu Jantung???Dan Fungsinya Bagi Manusia
4/ 5
Oleh
Dapatkan Update Artikel via Email!
emoticon
Dapatkan update setiap artikel terbaru otomatis dikirim ke email dengan memasukan email Anda disini!!
Delivered by Feedburner

No Comment