Tips Cara Memilih Template SEO Friendly Untuk Blog Dan Website

Kali ini saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana tips cara memilih template seo friendly untuk blog / web, Kebanyakan pada blogger sering mengabaikan hal tersebut padahal template merupakan acuan awal bagi para blogger. Oleh pihak google tidak memaksa anda harus memakai template yang di sediakan oleh google, jadi dengan kata lain anda disini bebas menentukan template mana yang bagus menurut penilaian anda dan semua pilihan itu ada di tangan anda , jadi pilihlah tampilan template blog yang menarik,  baik dari segi warna maupun coraknya.

TeamWork212

       Template ibarat rumah, dimana jika rumahnya bagus dan menarik otomatis orang-orang akan suka bertamu,sama halnya juga dengan template jika template blog bagus maka pembaca akan betah berlama-lama membaca tulisan kita apalagi di imbangi dengan tulisan yang berkualitas, perfect lha sudah.

       Tetapi yang menjadi boomerang bagi kita apakah template yang bertebaran di internet tersebut sudah sesuai dengan ketentuan google tau belum,  jadi disaat kita ingin memilih sebuah template untuk blog ataupun website,  anda harus tau dulu apakah struktur dalam template tersebut sudah sesuai dengan ketentuan SEO atau belum dan yang paling utama apakah template tersebut di minati oleh para pembaca atau tidak karna percuma template bagus bahkan berbayar toh hasilnya sepi visitor atau bahkan tanpa visitor satupun, alasan tersebut bukan tanpa sebab karna struktur yang hancur dan visitor yang berkurang karna template yang tidak seo friendly.

       tips cara memilih template yang seo friendly untuk blog / web Yang menjadi pertanyaan mendasar adalah dalam benak para blogger adalah :

1. Bagaimana cara kita menentukan template  tersebut seo friendly untuk blog dan website?

Sebelum kita membahas terlalu jauh pertama-tama kita kategorikan dulu  template dalam 3 kategori utama
  •  Template yang di gunakan harus “responsive”
  •  Template Use Friendlya
  •  Kecepatan Loading Blog (Fast Loading)

Tiga point tersebut yang menjadi acuan kita dalam menentukan template  yang SEO friendly untuk kita pakai dalam blog milik kita.

Simak dengan seksama pembahasannya di bawah :
Template yang Responsive  adalah Template yang  dari segi tampilannya dapat beradaptasi dengan perangkat yang kita pakai, contohnya saja anda mencoba membuka dari hp atau ponsel, maka secara otomatis ukuran templatenya itu bisa beradaptasi dengan ukuran perangkat tersebut. Begitu pula halnya dengan tablet,notebook,laptop dan komputer. Secara otomatis anda tidak usah memperbesar atau memperkecil tampilannya baik dari segi artikel maupun gambarnya semua sudah teratur pada area postingannya. Dengan begitu manfaatnya sangat besar karna template tersebut akan sangat di sukai google, karna google akan mengacu pada MobileGeddon yakni mobile friendly dan beradaptasi dengan perangkat apapun. 
Template User Friendly merupakan tampilan Template yang sangat simple, minimalis dan tampilan rapi serta bersih sangat di sukai google, jika kriteria tersebut terpenuhi maka template tersebut otomatis akan bagus dan indah di pandang, susunanya akan sangat bagus dan tidak hancur berantakan.sugesti orang pasti menilai dari tampilan awal jika tampilan awal menarik perhatian secara tidak langsung orang akan penasaran dengan isi artikel yang akan akan di paparkan nanti, bahkan visitor akan terasa nyaman dalam memahami isi artikel dari blog mulai dari awal hingga akhir.
Kecepatan Loading Blog (Fast Loading) merupakan kecepatan loading sebuah blog dalam koneksi internet yang buruk, rasionalnya jika kecepatan loading yang sangat lambat akan menghancurkan masa depan blog itu, karna para visitor malas menunggu terlalu lama, maka visitor tinggal tekan back tanpa membaca sedikitpun artikel yang kita posting hal tersebut berdampak buruk dari penilaian google bukan hanya itu saja kecepatan loading blog yang yang buruk maka hal tersebut buruk juga di mata SEO..

tips cara memilih template seo friendly untuk blog / web 
Mengetahui dengan menggunakan alat test template yang ada di internet  

1. aplikasi untuk menguji responsivenya sebuah template..

Untuk menguji responsif sebuah template anda bisa menggunakan beberapa cara alternatif baik dari pihak google sendiri ataupun aplikasi lainnya diantaranya.

pengujian situs mobile-friendly

http://ami.responsivedesign.is

caranya :

  1. anda tinggal memasukan alamat “URL Blog Anda” contonya alamat blog saya " https://teamwork212.blogspot.co.id "
  2. kemudian tekan " Tombol Enter "maka secara otomatis aplikasi tersebut akan menganalisa apakah template anda responsif atau tidak.

2. untuk mengetes struktur sebuah template



Untuk mengetahui struktur dari template anda anda bisa menggunakan aplikasi yang di sediakan oleh google sendiri aplikasi ini mampu menganalisa apakah template tersebut strukturnya sudah baik atau belum, jika dalam menguji strukturnya ada kesalahan maka secepat mungkin untuk mengatasinya.
caranya :

https://search.google.com/structured-data/testing-tool/

copy+pastekan Url blog anda

maka akan muncul hasilnya

3. Aplikasi Untuk Menguji Seo Template



Nama aplikasinya adalah CHKME, untuk mengujinya langsung ajah ke alamat websitenya di“ chkme.com “ 
Aplikasi yang satu ini di gunakan untuk menguji SEO template milik kita bahkan kita bisa menguji juga SEO template milik orang lain, standar yang di capai adalah 80-100 % jika template tersebut mencapai angka itu maka template tersebut sudah di anggap bagus.jika angka tersebut kurang dari itu maka harus anda perbaiki dan bisa juga minta bantuan senior,  aplikasi ini di bilang cukup akurat dalam mengatasi masalah template. Karna di saat mengetestnya aplikasi ini akan menampilkan juga hasilnya.
Caranya :


  • Copy “URL Blog anda”
  • Hapus http /httpsnya
  • klik tombol enter

4. aplikasi untuk mengukur kecepatan loading blog / web



Nama aplikasinya adalah GTMETRIX dan untuk menguji kecepatan loading blog / web langsung ajha ke alamat websitenya “ http://gtmetrix.com “ 
Untuk mengukur kecepatan loading Blog anda bisa gunakan aplikasi tersebut, jika dalam pengetesan  dan nilai yang di tampilkan menunjukan angka 80% ( A ) ke atas maka dapat disimpulkan bahwa template blog anda sudah fast loading dan kecepatan loadingnya juga harus di bawah 4 second, namun jika angka yang di tampilkan kurang dari 80% atau bahkan jauh di bawah 80 % dan kecepatan loadingnya juga di atas 4 second , maka saran terbaik dari saya ganti ajah template anda. Kerna itu merupakan cara terbaik untuk masa depan blog anda.

Demikianlah pemaparan singkat dari saya tentang tips cara memilih template seo friendly untuk blog / web , mungkin pemaparan singkat dari saya bisa membantu teman-teman dalam memilih template yang mana bagus untuk di gunakan, karna template yang bagus akan bagus juga di mata seo dan mata para pengunjung.


Semoga bermanfaat untuk semua " Teamwork212 "

Artikel Terkait

Tips Cara Memilih Template SEO Friendly Untuk Blog Dan Website
4/ 5
Oleh
Dapatkan Update Artikel via Email!
emoticon
Dapatkan update setiap artikel terbaru otomatis dikirim ke email dengan memasukan email Anda disini!!
Delivered by Feedburner

No Comment