Setting Jumlah Postingan Di Halaman Utama Blogger

Zeck Mod - Blogger adalah salah satu layanan website yang berisi publikasi blog dari masing-masing pengguna. Blogger ini bisa digunakan secara gratis dengan mematuhi peraturan yang ada. Blog ini biasanya berisi pengalaman hidup, urusan bisnis, cerpen, karya tulis, dan sebagainya.

Pada website Blogger, pasti ada beberapa tampilan list artikel di homepage atau page pasti berbeda-beda dan memiliki pagging page, tergantung dari pengguna Blogger sendiri. Ada yang 4 list artikel / page, 6 list artikel / page, 5 list artikel / page, 10 list artikel / page, dan sebagainya.

Jumlah Postingan Di Halaman Utama Blogger


Definisi laman sendiri dalam bahasa indonesia memiliki arti "Halaman Depan" atau "Halaman Muka" yang bisa mengacu pada halaman depan buku, situs web dan lain sebagainya. Laman disebut juga halaman beranda, halaman utama, halaman awal atau dalam bahasa inggris sering disebut Front Page dari sebuah situs web yang dirancang sebagai titik fokus pusat. (Sumber : Wikipedia) 

Beberapa waktu yang lalu saya sering melihat sobat blogger di grup facebook yang masih merasa  kebingungan tentang cara mengatur jumlah postingan pada homepage atau halaman utama blogger. 

Jumlah postingan pada halaman utama memang mempengaruhi kerapian dan juga kecepatan loading blog. Bagaimana tidak, jika postingan pada homepage atau halaman pertama blog sobat terlalu banyak tentu kurang enak dipandang dan hal ini membuat loading blog kita menjadi lebih lambat karena blog memuat banyak sekali postingan. 

Namun, jika kita menampilkan terlalu sedikit juga kurang baik. Karena walaupun hal ini membuat loading blog menjadi lebih cepat, pengunjung agak kesulitan melihat postingan kita. Nah, maka dari itu kita harus mengatur jumlah postingan blog yang ideal bagi blog kita.

Sobat bisa mengatur jumlah list artikel yang tampil di page atau homepage di dalam Blogger. Berikut cara mengatur jumlah tampilan list artikel di Blogger,  namun juga mengatur jumlah postingan pada halaman berikutnya (next page) di Blogger. Mari kita menuju ke tutorialnya.

Ada 3 cara mengatur jumlah tampilan postingan pada halaman utama blogger
  1. Melalui Menu Setelan (setting)
  2. Melalui Menu Tata letak
  3. Melalui Menu Tema (Template)

Cara Pertama Melalui Menu setelan ( Setting)

Karena disini saya menggunakan laptop maka langkah-langkahnya sbb bisa juga untuk hp Android:

➽ Buka browser sobat di laptop atau komputer saya sarankan untuk menggunakan crome karena lebih simple dan fast loading.

➽ Buka website blogger.com Silakan sobat Login dulu ke blogger menggunakan email dan password sobat.

➽ Setelah itu pasti akan muncul tampilan dashboard blogger

Lihat Gambar Tampilan Dashboard blogger

 Klik menu Setelan (Setting) ➡ Setelah itu sobat Klik Postingan, komentar, dan berbagi (Klik Post, comments, and sharing). Masukkan jumlah tampilan list artikel sesuai keinginan ke dalam kolom Tampilkan sebanyak mungkin? (Show at most). Misalkan, sobat masukkan “7” ke dalam kolom yang tadi. Maka, tampilan list artikel yang bisa dilihat sebanyak 4 buah list dalam satu halaman. Kemudian, 

 Klik Simpan (Save settings).

Lihat Gambat


➽ Untuk memastikan ada perubahan atau tidak jumlah tampilan utama di halaman blogger sobat coba buka Klik view blog atau langsung ajah buka blog sobat.

Langkah pertama selesai.

Kini, sobat bisa mengatur jumlah tampilan list artikel pada Blogger di dalam homepage atau satu halaman dengan sesuai keinginan .

Cara Kedua Melalui Menu Tata Letak .

➽ Masuk ke dashbord blogger

➽ Klik Menu Tata Letak ➠ pada postingan blog klik Edit 

Lihat gambar

➽ Pada Jumlah Postingan di Halaman Utama isi dengan jumlah postingan yang sobat inginkan yang akan ditampilkan pada homepage blog sobat. contohnya, sobat ingin menampilkan 7 postingan, silahkan isi dengan angka 7. Dan seterusnya sesuia keinginan sobat.

➽ Jika sudah selesai jangan lupa klik simpan pada pojok kanan atas dan lihat perubahannya di blog sobat.

Cara Ketiga Melalui Menu tema (template).

 Masuk ke dasbor blogger
 Pilih menu Tema (Template). Lalu klik Edit HTML
➽ klik pada kotak edit HTML, setelah itu,
➽ Tekan bersamaan CTRL + F pada tombol keyboard laptop atau komputer. maka akan muncul kaya kotak pencarian, masukan kode ini " var postperpage= "  Jika sobat tidak ketemu cari kode ini " var numshowpage=

Lihat gambar


➽ Silahkan ubah angka setelah tanda sama dengan dengan jumlah postingan yang akan ditampilkan di halaman berikutnya. Semisal sobat ingin menampilkan 8 postingan, silahkan ubah menjadi var postperpage=8 dan lain sebagainya.

Jika sudah selesai, klik simpan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatur Jumlah Postingan pada Halaman Utama , semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Setting Jumlah Postingan Di Halaman Utama Blogger
4/ 5
Oleh
Dapatkan Update Artikel via Email!
emoticon
Dapatkan update setiap artikel terbaru otomatis dikirim ke email dengan memasukan email Anda disini!!
Delivered by Feedburner

No Comment